Skip to main content

Alamat Email

Alamat Email

Alamat email mengidentifikasi kotak email tempat pesan email dikirimkan. Berbagai format digunakan pada sistem email awal, namun hanya satu format saja yang digunakan saat ini, mengikuti standar yang dikembangkan untuk sistem surat Internet sejak tahun 1980an. Artikel ini menggunakan istilah alamat email untuk merujuk ke addr-spec yang didefinisikan dalam RFC 5322, bukan ke alamat yang umum digunakan; Perbedaannya adalah bahwa sebuah alamat mungkin berisi nama tampilan, komentar, atau keduanya.



     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-6113723617938894"
     data-ad-slot="7171748983">


Alamat email seperti John.Smith@example.com terdiri dari bagian lokal, simbol @, yang merupakan domain case-insensitive. Meskipun standar menentukan bagian lokal untuk menjadi case-sensitive, dalam praktiknya, sistem surat di example.com dapat memperlakukan John. Sebagai setara dengan JohnSmith atau bahkan sebagai johnsmith, [1] dan sistem email sering membatasi pilihan nama pengguna mereka. ke subset karakter teknis yang valid. Dalam beberapa kasus, mereka juga membatasi alamat mana yang memungkinkan untuk mengirim email ke.

Dengan diperkenalkannya nama domain internasional, upaya berlanjut untuk mengizinkan karakter non-ASCII dalam alamat email.

Ikhtisar
Transmisi surat email di Internet menggunakan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP), yang didefinisikan dalam standar Internet RFC 5321 dan RFC 5322, dan ekstensi seperti RFC 6531. Kotak surat dapat diakses dan dikelola oleh pengguna dengan Post Office Protocol (POP ) atau Internet Message Access Protocol (IMAP) dengan perangkat lunak klien email yang berjalan di komputer pribadi, perangkat seluler, atau dengan sistem email web yang menampilkan pesan di layar atau pada hasil cetak kertas.

Format umum alamat email adalah domain lokal-bagian @, dan contoh spesifiknya adalah jsmith@example.com. Alamat terdiri dari dua bagian. Bagian sebelum simbol @ (lokal-bagian) mengidentifikasi nama kotak pesan. Ini sering menjadi nama pengguna penerima, mis., Jsmith. Bagian setelah simbol @ (domain) adalah nama domain yang mewakili wilayah administratif untuk kotak surat, mis., Nama domain perusahaan, example.com.

Saat mengirim email, sebuah mail server (mail transfer agent: MTA) menggunakan sistem nama domain (DNS) untuk mencari record mail exchanger (data MX) untuk domain penerima (bagian dari alamat email di sebelah kanan @) . Data MX yang dikembalikan berisi nama server surat penerima. MTA selanjutnya terhubung ke server ini sebagai klien SMTP.

Bagian lokal dari alamat email tidak memiliki arti penting untuk sistem relay surat perantara selain host kotak surat akhir. Pengirim email dan sistem relay perantara tidak boleh menganggapnya tidak sensitif huruf, karena host kotak surat terakhir mungkin atau mungkin tidak memperlakukannya seperti itu. Kotak surat tunggal mungkin menerima email untuk beberapa alamat email, jika dikonfigurasi oleh administrator. Sebaliknya, satu alamat email bisa jadi alias ke daftar distribusi ke banyak kotak pesan. Email alias, mailing list elektronik, sub-addressing, dan alamat catch-all, yang terakhir adalah kotak pesan yang menerima pesan terlepas dari bagian lokalnya, adalah pola umum untuk mencapai berbagai tujuan pengiriman.

Alamat yang ditemukan di kolom header pesan email tidak langsung digunakan oleh penukar surat untuk menyampaikan pesan. Pesan email juga berisi amplop pesan yang berisi informasi untuk perutean e-mail. Sementara alamat amplop dan header mungkin sama, alamat email palsu sering terlihat di spam, phishing, dan banyak penipuan berbasis Internet lainnya. Hal ini menyebabkan beberapa inisiatif yang bertujuan membuat pemalsuan semacam itu lebih mudah dikenali.

Untuk menunjukkan penerima pesan, alamat email juga mungkin memiliki nama tampilan terkait untuk penerima, yang diikuti oleh spesifikasi alamat yang dikelilingi oleh kurung siku, misalnya: John Smith .

Bentuk alamat email sebelumnya di jaringan lain selain Internet menyertakan notasi lain, seperti yang dibutuhkan oleh X.400, dan notasi jalur UUCP bang, di mana alamat diberikan dalam bentuk urutan komputer yang melaluinya pesan harus disampaikan. Ini banyak digunakan selama beberapa tahun, namun digantikan oleh standar Internet yang diumumkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF).



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar