Skip to main content

Liburan Jogja ala Bacpacker - Tutorial Travel



Segala sesuatu memang ada waktunya, ada waktu bekerja dan juga beristirahat, paling tidak anda membutuhkan waktu untuk bersantai dan merefresh otak , karena memang anda tetap harus meluangkan waktu istirahat dengan sebaik mungkin.

Tentu hidup ini juga membutuhkan liburan, bukan? Rencanakan liburan kamu dengan berkunjung ke tempat wisata yang dapat memanjakan mata dan juga merelaksasi tubuh Anda sejenak.

Jogja adalah salah satu  destinasi liburan paling populer di Indonesia. Pesona keindahan alam , kota yang kental akan budaya jawa, dan keramahan warga Jogja  membuat para wisatawan selalu rindu untuk dating berkunjung lagi ke Jogja. Begitu juga para backpacker yang selalu menjadikan Jogja sebagai destinasi favorit untuk berlibur.

Banyak pilihan penginapan murah, wisata kuliner yang lezat dan pas dikantong, serta banyaknya wisata gratis menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal ini dapat mejnadikan bujet liburan  dapat dikurangi yang tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi Anda para backpacker. Untuk kamu yang mempunyai planning  liburan ke Jogja dengan cara backpacker, simak tips  dan perhitungan dana budget liburan berikut agar  liburan kamu berjalan lancar!
     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-6113723617938894"
     data-ad-slot="9453035619">


Alasan mengapa Jogja adalah Destinasi Liburan yang Tepat

Karena Jogja adalah wisata yang tak lekang oleh masa, Warga Indonesia patut berbangga karena Jogja adalah  salah satu destinasi wisata yang tidak hanya diminati oleh warga domestik tetapi juga oleh wisata bagi turis mancanegara. Memang Indonesia banyak destinasi wisata yang begitu indah dan menawan, namun kenapa harus Jogja?

Murah dan Terjangkau

Biaya untuk hidup dikota Jogja lebih murah jika dibandingkan di Surabaya, Jakarta, maupun Sumatera. Tinggal di kota joga sangat murah dan sangat terjangkau biaya hidupnya. Tidak heran banyak mahasiswa yang berasal dari luar Jogjakarta yang terbilang sangat murah dan hemat dalam hal biaya hidup terutama untuk kuliner/makan.Oleh karena itu alasan yang sangat mendukung untuk bewisata ke Jogjakarta adalah harga kuliner yang disajikan di Jogjakarta sangat murah, sehingga kebutuhan perut Anda dapat terpenuhi dengan budget yang minim.

Selain wisata kuliner, kamu juga bias berburu pakaian dan aksesoris di Jogja yang dijual cukup murah. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak wisatawan baik domestik dan mancanegara yang membeli souvenir dalam jumlah yang banyak untuk cinderamata ke sanak saudara dan juga teman.

Kota Pelajar dan Kota Kenangan

Yogyakarta sangat dikenal sebagai kota pelajar.  jogjakartata menyandang status tersebut karena kebanyakan para pelajar dari luar daerah Jogja untuk belajar dan mencari ilmu di kota ini. Jika para mahasisiwa ini sudah lulus ataupun sudah wisuda, mereka akan berkunjung ke kota ini dengan penuh kenangan yang membekas di hati mereka.



Jogja Nyaman dan Bersih

Saya akui warga jogjakarta termasuk dalam kategori orang yang mempunyai tingkat kepedulian kesadaran dan kebersihan lingkungan yang sangat tinggi, Sebagai tempat wisata tentu saja pemerintah setempat di provinsi Jogja tidak akan tinggal diam jika daerah wisata kota mereka tidak dijaga dengan baik, kerjasama antara pemerintah jogja dan masyarakat memang patut ditiru oleh kota lainnya.

Masayarakat jogja dan mahasiswa disana saling bekerjasama menjaga kebersihan dan keamanan agar memberikan , kenyaman, serta kebersihan bagi para pengunjung. Oleh karena itu, tidak heran jika wisatawan yang datanng melihat tempat ini selalu bersih walaupun saat liburan panjang dan banyak orang yang berkunjung. Staff petugas kebersihan yang rajin dan ulet dalam membersihkan lingkungan merupakan hal yang patut diapresiasi.

 Beragam Tempat Wisata yang Menarik dan Bersejarah

Ini adalah alasan yang paling utama. Ketika kamu ke Jogja kamu tidak hanya berlibur, tetapi juga bisa menambah pengetahuan dan pengalaman kita mengenai berbagai empat wisata dan sejarah.
Kamu bisa dating ke Candi Borobudur, Candi Prambanan, Tawangmangu dan , Dieng, Wonosobo.  Dapat ditempuh dengan jarak yang dekat dari Jogja. Yah mungkin waktu terlama Cuma butuh waktu sekitar  4jam saja untuk menempuh lokasi wisata tersebut.

Jadi anda mau nunggu apa lagi bro? Perlu menghitung berapa budget yang harus dikeluarkan?
Seperti yang sudah saya jelasakan pada poin nomor 1, tidak perlu kuatir karena wisata Jogja menawarkan wisata kuliner dan juga wisata lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.


Memilih Transportasi

Transportasi merupakan salah satu alokasi budget yang lumayan banyak saat liburan. Maka dari itu pilihlah transportasi yang tepat dan bisa memengaruhi perjalanan liburan backpacker kamu. Selain transportasi menuju Jogja, kamu juga perlu mengakomodir jenis-jenis transportasi yang akan dipakai selama berkeliling Kota Gudeg ini. Yuk, simak panduan singkatnya disini bro and sis.
 

Harga Tiket Kereta Pulang Pergi – Rp196.000

Jika Anda ingin tiba di Jogja pada tanggal 7,  Setidaknya anda harus membeli tiket dengan jadwal satu hari sebelumnya. Karene tema pembahasan ini buat dengan ala backpacker, maka kita memilih kereta kelas ekonomi. Kurang lebih 8 jam 22 menit, Kamu akan menikmati perjalanan didalam di dalam kereta. Fasilitas yang ada pada tiap kelas memang berbeda. Namun, Anda tetap dapat menikmati perjalanan dengan nyaman karena saat ini PT Kereta Api Indonesia sudah meningkatkan kualitas pelayanannya. Jadi, tidak ada salahnya memakai kereta api dengan kelas ekonomi. Sebagai informasi, biasanya kereta penumpang dengan kelas ekonomi akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Jogjakarta. Selain memakai Kereta kamu juga bisa memakai alternatif Travel Jogja .

     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-6113723617938894"
     data-ad-slot="9453035619">


Tiket Kereta Jogja

Tiba Di Jogjakarta

What should I do? Saat tiba di kota Jogja, anda pasti membutuhkan transportasi menuju penginapan maupun lokasi wisata.  agar menghemat pengleluaran, TransJogja dan Ojekonline seperti Grab/Gojek bisa menjadi pilihan tepat. Trans Jogja mudah untuk diakses dari berbagai lokasi. Kamu hanya perlu uang sekitar Rp3.600 untuk menggunakan transportasi tersebut.

Berjalan Kaki di Jogja ? Asyik aja

Ada juga alternatif paling hemat yaitu dengan Berjalan Kaki, hal ini bisa kamu lakukan agar menghemat biaya transportasi,. Cara ini saya angggap lumayan efektif karena Jogja adalah kota yang ramah  terhadap pejalan kaki dan juga turis tidak seperti kota sebelah. Banyak trotoar serta penyeberangan bisa dengan aman kamu lalui di Yogyakarta. Karena dengan berjalan kaki kamu dapat lebih mengenal penduduk serta budaya lokal. Menarik sekali, bukan?

Sewa Sepeda motor untuk Keliling Jogja
Menyewa sepeda motor juga alternatif lain yang bisa kamu pilih, kamu bisa lebih leluasa mengekspolre kota Jogja, saat kamu menemukan objek menarik kamu bisa berhenti dan lebih fleksibel, dan juga kamu bisa menjangkau objek wisata yang tidak bisa dijangkau oleh angkutan umum.

Tarif motor yang disewakan bervariatif, tergantung pada jenis motor dan lama waktu peminjaman. Supaya perjalanan kamu aman pastikan memilih kendaraan  yang sesuai dengan medan perjalanan dan juga jangan lupa pinjamlah help dari rental montor tersebut.

Penginapan Murah di Jogja

 
Hotel murah jogja
Hotel Delta Jogja promo murah penginapan klik dibawah ini
Di Jogja kamu bisa menemukan banyak penginapan murah agar bisa sleeping beauty, salah penginapan yang bisa kamu temui misalnya,

Di Jogja, kamu hanya perlu budget secukupnya dan murah untuk bisa tidur nyenyak. Ada banyak pilihan penginapan murah yang bisa kamu temui, contohnya ada di Jalan Sosrowijayan, kawasan Malioboro. Mulai dari hotel, guesthouse, hingga homestay bisa kamu temui ditempat ini.

Harga setiap tempat penginapan pasti berbeda, tergantung dengan fasilitas yang ada. pada umumnya, tarif yang ditawarkan berkisar pada Rp100.000 – Rp200.000. Keuntungannya penginapan di Jogja juga bisa diisi oleh rombongan. Dengan begitu, harga sewa kamar pun bisa semakin murah, karena bisa patungan.

Kunjungi Tempat Wisata Murah Jogja

Kesan yang ada backpacker itu mereka harum mampu memperkecil anggaran liburan, hal ini memang melekat di pandangan banyak orang.Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menikmati keindahan Jogja secara maksimal. Kamu tetap bisa hemat dan puas dengan mengunjungi tempat-tempat wisata berikut ini.

 Kereta Gantung Pantai Timang

Pantai Timang
Kereta gantung pantai timang
Kabupaten Gunung Kidul memiliki banyak pantai yang indah, salah pantai tersebut adalah adalah Pantai Timang yang berada 35km di selatan Wonosari. Ombak yang menghujam tebing dan batu karang menjadi pemandangan yang sungguh menakjubkan dan mempesona.

Wisatawan  yang datang  dapat menguji nyali mereka dengan menyeberang ke Pulau Watu Panjang menggunakan ‘kereta gantung’  yang terbuat dari kayu. Hal yang membuat adrenalin anda terpacu adalah karena kereta meluncur dengan menggunakan tali tambang biasa dan bukan menggunakan tali baja, serem amat euy ,,

Alamat : Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 5581
Rute  ke lokasi: Dari Wonosari, arahkan tujuan ke selatan menuju Pantai Baron. Di pertigaan Mulo pilih arah menuju Pantai Siung setelah itu lewati Pasar Dakbong sampai melalui jalanan berbatu.
Tarif Kereta Gantung: Rp200.000

Gumuk Pasir Parangkusumo

GUmukParangkusumo
Berayun di gurun pasir parangkusumo
Disini Pasir Parangkusumo kamu bisa melakukan Sandboard, tidak perlu datang ke timur tengah lagi  untukk merasakan sensai berselancar dipasir karena cukup ke jogja saja. Anda juga bisa bersantai ditemani angin semilir yang berhembus sembari melihat yang terbenam, indah bukan ? , fasilitas seperti  menunggan kuda, dan menyewa ATV bisa kamu lakukan, walaupun gak ada unta gak apa-apa lah ya , jan bisa di ganti pakai kuda hehe.

Lokasi: Jl. Pantai Parangkusumo, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Operasional: Pkl. 08.00 – 18.00 WIB
Tiket Masuk: Gratis
Biaya Sewa Kendaraan/Kuda: berkisar antara Rp50.000 – Rp150.000

Jalan Jalan  ke Wisata Alam Kalibiru
Wisata Alam Kalibiru

Terletak di perbukitan  Menoreh, Kulonprogo, Yogyakarta, wisata alam hutan pemasyarakatan alam Kalibiru ini menjadi favorit para wisatawan, berada pada ketinggian 450 meter diatas permukaan laut membuat tempat ini terasa lebih sejuk, dan udaranya juga lebih segar, tempat ini cocok bagi anda yang ingin melarikan diri dari suasana kota metropolitan, tanpada adanya sura hiruk pikuk kendaraan yang bising membuat anda menjadi lebih nyaman dan bisa menghilangkan rasa stress yang melanda ,Untuk menuju ke lokasi dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari pusat kota Jogja, tempat ini sudah dikelola sejak tahun 2009 dan menjadi favorit tempat wisatawan.

Lokasi: Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta 55561
Jam Operasional: buka 24 jam
Tiket Masuk: Rp5.000
Paket Outbound: Rp35.000
 
Curug Luweng Sampang
Di sini kamu bisa merasakan segarnya air dengan menceburkan diri ke sungai yang mengalir dari gunung Sewu, tentu hal ini akan memberi pengalaman dan sensasi yang fresh untuk liburan kamu, ditempat ini kamu akan disuguhi pemandangan  berupa corak lukisan pada dinding seperti Antelope Canyon di Amrik gitu. Anda juga bisa berpetualang menjelajahi terowongan dan gua yang ada disini, warna bebatuan dan aliran air memberi kesan tersendiri  untuk membuat pengunjung terkesima.

Alamat : Jalan Juminahan, Ds.Sampang, Kec. Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta
Rute ke Lokasi : Wisata ini lebih mudah dijangkau melalui Jalan Jogja-Solo. Arahkan tujuan ke Kecamatan Ganti Warno. Ikuti saja ke jalan tersebut kira-kira ke arah tenggara hingga tiba ke Desa Sampang. Jika kamu bingung hidupkan GPS diponsel anda dan tidak usah malu bertanya kepada warga  yang ada disana.

Menjelajah  Batu Cave di Gua Pindul dan Sungai Bawah Tanah
Buatlah mata anda terkesima dengan pesona keindahan stalkit dan stalagmit yang ada di Goa Pindul, goa ini sudah ada sejak rautsan tahun lalu dan merupakan salah satu kandidat terbesar no 4 di dunia. Anda bisa melihat begitu kontrasnya air yang biru dengan  dengan dinding yang berwarna coklat ditumbuhi hijaunya tanaman paku serta disanari oleh sinar mentari pagi, hmmmmm aroma alam yang begitu asri bisa kamu rasakan disini.  Anda juga bisa melakukan lompatan dari atas pohon 6 meter dan terjun ke kolam.

Lokasi: Desa Gelaran 1, Kel. Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Gunung Kidul, Yogyakarta 55891.
Jam Operasional: Pkl. 07.00 – 17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp35.000 (Turis Lokal) atau Rp50.000 (Turis Asing)

Service Travel yang tersedia Jogja :

Travel Jogja ke Malang - Iqbal Shuttle Nyaman Terpercaya
Travel Jogjakarta ke Purwokerto - Jadwal QytaTrans Update

     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-6113723617938894"
     data-ad-slot="9453035619">


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar