Skip to main content

Klenteng Sam poo Kong - Wisata Sejarah Perkembangan Agama Islam di Semarang


klenteng sam po kong

Sejarah Berdirinya Klenteng Sam poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong adalah salah satu titik awal perkembangan keagamaan di Semarang. Pada titik inilah diyakini sebagai tempat berlabuhnya Laksamana Ma Zheng He (Cheng Ho) di Semarang. Dulu tempat ini masih berupa lautan, bahkan tugu muda pun pada awalnya masih berupa pulau-pulau kecil, mirip dengan pulau Lasem yang kini menjadi Daerah Lasem, Rembang. Pelabuhan yang terkenal yakni Bergota menjadi saksi bisu perkembangan perniagaan yang ada di Semarang. Selepas berlabuh, maka Laksamana Cheng Ho mendirikan pemukiman sementara untuk sekedar beristirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanannya. Bahkan Laksamana Cheng Ho pernah melintasi selat Muria, tepatnya diantara Demak dan Pulau Muria, yang kini menjadi daerah Jepara, Kudus, Pati, dan Rembang. Hal ini berdasarkan peta Jawa klasik, daerah tersebut masih terpisah oleh lautan dengan kerajaan Demak.

sejarah berdirinya klenteng sam poo kong

Sam Poo Kong (Sam Poo Tai Jin) kini dikenal sebagai tempat peribadatan dan gelaran budaya tiong hoa yang ada di Semarang. Untuk menghormati sosok Cheng Ho, maka dibangunlah patung Laksamana Cheng Ho yang megah di tengah pelataran Kelenteng. Tempat ini ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan, baik pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat pada umumnya.Klenteng Sam Poo Kong merupakan bukti sejarah perjalanan seorang Panglima dari kerajaan China yang singgah di kota Semarang. Di Klenteng ini terdapat beberapa tempat untuk berdoa bagi Agama Kong Hu Cu. Tapi walaupun begitu, Panglima Cheng Ho sendiri beragama Islam.. Disinilah kita bisa melihat kearifan dan keharmonisan masyarakat Semarang pada khususnya.

Sempat ke Klenteng Sam Poo Kong di Semarang, bulan lalu. Letaknya untungnya deket sih ama tempat kami menginap, gak jauh juga dari bandara Semarang. Masuk kesini ada 2 opsi, yaitu bayar 7000 buat masuk area luar klenteng saja dan 21.000 untuk punya akses masuk ke bagian dalam klentengnya. Bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. Disini ada juga atraksi barongsai saat kami datang, anak-anak SMA gitu yang main. Trus kita disini juga bisa sewa pakaian tradisional Tiongkok dan berfoto sama pakaian itu. Buat yang kelaparan/kehausan, disini ada kantin yang menyediakan minum, es krim dan makanan ringan lain. Waktu itu juga ada penjual arum manis, dawet dan lain-lain. Suasananya waktu itu tenang dan ga ramai karena kami datang hari Kamis pagi. Tapi panas sekali, sumpah! Matahari menyengat pas diatas kepala.

HARGA TIKET MASUK KLENTENG SAM POO KONG
Tempat ini adalah salah satu tempat bersejarah di kota semarang, yang sekarang di jadikan sebagai wisata semarang. Harga masuk kesini ada 2 opsi, yaitu bayar 7000 buat masuk area luar klenteng saja dan 21.000 untuk punya akses masuk ke bagian dalam klentengnya. Bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. Disini terkadang ada juga atraksi barongsai , anak-anak SMA gitu yang main, selain itu di sini juga bisa sewa pakaian tradisional Tiongkok dan berfoto sama pakaian itu. Buat yang kelaparan/kehausan, disini ada kantin yang menyediakan minum, es krim dan makanan ringan lain. Suasananya pada waktu itu tenang dan tidak terlalu ramai.

Harga Tiket Sam Poo Kong

TEMPAT PARKIR
Sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisatamu saat liburan sekolah tiba, bisa datang bersama keluarga ataupun datang bersama pacar kesayangan.Parkirannya sangat luas, dalamnya juga lokasi termasuk cukup bersih, cukup untuk menghibur mata dan melepas kepenatan dan kemacetan kota semarang, yuk ah liburan ke semarang.

ATRAKSI BARONGSAI
Banyak banget Hal yg barú saya ketahui disini, terutama tentang agama dan kebudayaan. Tentang sejarah asal mula klenteng itu di bangun, hingga kepercayaan yang dianut oleh agama tionghoa, sangat menarik, karna bisa menambah ilmu tentang agama dan sejarah yg ternyata belum saya ketahui. Selain itu juga saat weekend biasanya ada hiburan seperti barongsai. Untuk yg senang dengan fotógrafo juga bisa banget hunting foto disini karna view bangunannya keren banget. Tiket pengunjung 10rb, untuk bisa masuk ke area tempels 27rb. Ada atraksi barongsai di pagi hari. Ada tempat persewaan kostum khas cina harganya antara 100-200an ribu. Ada tempat2 tertentu pengunjung mmg tdk boleh masuk dan memotret krn mmg itu adalah tempat ibadah. Arsitekturnya indah, berasa seperti di Cina beneran. Harga makanan di sana mahal. Saya beli tahu gimbal, terlihat sangat sederhana harganya 20rb.

SEWA PAKAIAN ADAT CHINA & JAJANAN TRADISIONAL
Begitu masuk lokasi ada banyak banget orang penjual jajanan. Jadi ga kawatir manyun kehausan atau kelaparan. Pertunjukan Barongsai nya lumayan berjubel kalau sedang musim liburan. Selain itu kita bisa masuk ke dalam klenteng dan berfoto memakai baju ala adat Cina. Salah satu obyek wisata kota Semarang yg wajib dikunjungi karena syarat sejarah yg penuh pengetahuan.menyesal jika blm datang kesini karena sangat terkenal baik agama budha sendiri maupun dari yg berbeda agama.buktikan sendiri.
 
Patung Laksamana Zheng He
Patung Laksamana Zheng He
Tempatnya besar. Disini tersedia area foodcourt dengan pilihan menu beragam, toilet yg bersih. Untuk pengunjung yang ingin berfoto memakai pakaian adat/tradisional china Congsam tersedia persewaan pakaian dalam berbagai ukuran.

Klenteng sam poo kong merupakan vihara yang sudah berdiri sejak jaman dahulu dan setelah kemarin direnovasi sehingga membuat tempat ini menjadi lebih menarik. Karena saking menariknya kini sam poo kong menjadi tujuan destinasi wisata kota  Travel Semarang bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tpt ibadah dgn perpaduan arsitektut Chinese dan Jawa dgn dinding yg dipenuhi relief perjlnan Laksmana Cheng Hoo sampai ke Indonesia.Kalau cuma mau foto-foto dari luar, lebih baik beli tiket yang biasa. Jangan terusan, karena bedanya lumayan jauh. Tempatnya bagus banget, serasa lagi di Tiongkok.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar