Skip to main content

Wisata Sejarah Benteng Portugis di Jepara

Benteng Portugis Jepara

Mungkin nama ini masih asing di telinga pembaca luar Jepara. Untuk melengkapi informasi budaya dan wisata ukir Jepara, perlu dihancurkan di Benteng Portugis Jepara.
Benteng Portugis berdiri dari pusat kota Jepara. Berdiri di desa Desa Banyumanis dan Desa Unjungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara atau sekitar 45 km timur laut. Karena tempat ini juga berbatasan dengan Pati, Puncel sampai desa Banyumanis.

Setelah melewati jalan yang berkelok-kelok, pengunjung bisa melihat pemandangan mempesona benteng Portugis yang dibangun di atas bukit pantai kecil.
Ke utara pengunjung disuguhi Pulau Mondoliko, sebuah pulau kecil yang tak jauh dari Benteng Portugis. Ada mercusuar dan beberapa pegawai perumahan. Ada juga tanaman khas di Mondoliko yang disebut Nongko Celeng. Pohon ini dikeluarkan dari tanah, arah di akar. Ada juga makam seorang nayaka dari Ratu Kalinyamat yang bernama Sayid Ustman.
Untuk mencapai pulau ini, pengunjung bisa saja berperahu sambil menikmati laut biru
Sejarah Benteng Portugis

Ke selatan pengunjung akan melihat hijau Bukuk Genuk, dengan sawah menghijau di lembah. Jika melihat ke timur, pengunjung akan melihat para nelayan menghiasi pantai dengan berbagai aktivitas dan para nelayan. Di deretan bukit itu bisa dengan mengandalkan batu yang terdampar disana.
Di sebelah barat ada sawah. Ada juga Rumah Sakit Kusta Donorojo dengan arsitektur antik bergaya lama Belanda. Rumah sakit ini bisa dibangun pada masa pemerintahan Ratu Wilhemina, Ratu Belanda untuk perawatan dan penyembahan penderita kusta di seluruh Hindia Belanda. Kata donorojo sendiri hal dono (salam), rojo (raja atau ratu).
Untuk membangun gereja dengan fitur arsitektur Belanda, kaca berwarna-warni yang menghiasi bangunan gereja ini diimpor langsung dari Belanda. Rancangan pengaturan ruang di dalam gereja juga istimewa. Ada pemisahan antara penderita kusta dan karyawan serta orang disekitarnya. Kini rumah sakit kusta ini juga berfungsi sebagai rumah sakit umum dengan nama Rumah Sakit Umum Dr. Rehatta.

Tak jauh dari rumah sakit ada lokasi tempat wisata Gua Manik. Gestrek motor dan mobil. Kira-kira dua kilometer ke arah timur laut juga ada tur gua, Gua Tritip.
Gereja tua arsitektur Belanda di Donorejo Jepara 2 ok
Gereja arsitektur Belanda kuno di Dororejo, Jepara: Inilah penampakan bangunan gereja Belanda lama di Donorejo, Jepara, Jawa Tengah. (Pusat Kebudayaan Rejosari / Bapak YB Haryono MSF)
Gereja tua arsitektur Belanda di Donorejo Jepara
Old Church: Ini adalah penampilan sebuah gereja bergaya Belanda tua di Donorejo, Jepara, Jawa Tengah. (Pusat Kebudayaan Rejosari / Bapak YB Haryono MSF)

Masih misteri
Benteng Portugis sendiri sampai sekarang masih ada misteri. Data atau dokumen perpustakaan kurang. Banyak orang ingin tahu rahasia Benteng yang bisa dicegah dari cerita dibalik benteng ini.
Untuk memenuhi keinginan tersebut, Bapak Subekti Sahlan mencoba menguak rahasia Benteng Portugis ini. Setelah mengambil sumber pidato lisan, orang-orang yang menulis tulisan berjudul Misteri Benteng Portugis.
Benteng Jepara Portugis oleh Subekti Sahlan ok
Sumber sejarah: Subekti Sahlan adalah sumber sejarah penting Benteng Portugis di Jepara, Jawa Tengah. (Pusat Kebudayaan Rejosari / Bapak YB Haryono MSF)
Dia juga menghubungi mereka yang menjadi pekerja paksa (romusha) selama Pemerintah Jepang di Indonesia. Saat saya sowan ke rumah di Hamlet Clering, Desa Karangsari, saya dapatkan salinannya aja.

Menurut sumber mengatakan, Benteng Portugis memang dibangun oleh Portugis. Pembangunan benteng tidak lepas dari kepentingan Portugis dalam persaingan dagang dengan warga Inggris dan Belanda lainnya. Tak lepas untuk keamanan armada Portugis di bajak laut yang miskin di seluruh Jawa mengingat laut, terutama salam Jepara.
Benteng itu dibangun di atas bukit kecil, sebagai tempat pengintaian yang dilengkapi dengan senjata kecil. Dinding kastilnya terbuat dari batu yang diambil dari pantai di kaki bukit kecil. Di sudut timur laut, di dalam benteng dibangun sebuah menara penaga dengan atap kayu dan seng. Tingginya empat meter di atas gundukan tanah setinggi satu meter. Di tengahnya dibangun sebuah rumah kecil dengan pondasi batu batu.

Berikut merupakan penampakan Wisata Benteng Portugis Di Jepara.


Tiket Benteng Portugis

Benteng Portugis Hits

Benteng Portugis
Karang Benteng Portugis

Benteng Portugis

Sunset Benteng Portugis



Joko Yuwono
Benteng Portugis merupakan salah satu daya tarik andalan di Jepara adalah Benteng Portugis yang terletak di Kecamatan Banyumanis Kecamatan Donorojo atau 45 km ke arah timur laut Kota Jepara, dan untuk mencapainya tersedia fasilitas jalan aspal dan hanya bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi karena tidak ada rute transportasi yang biasa ditemukan di situs bersejarah ini.

Dilihat dari sisi geografis benteng ini terlihat sangat strategis untuk kepentingan militer terutama jaman dahulu kala bahwa kemampuan tembakan meriam hanya terbatas 2 s / d 3 km saja. Benteng ini dibangun di atas bukit berbatu di tepi laut dan tepat di depan pulau Mondoliko, jadi praktis selat yang ada di depan benteng ini berada di bawah kendali Meriam Benteng sehingga akan mempengaruhi kapal pesiar dari Jepara. ke timur indonesia atau sebaliknya.

Pada tahun 1619, kota Jayakarta / Sunda Kelapa memasuki VOC Belanda, dan hari ini Sunda Kelapa yang dinamai kembali ke Batavia dianggap sebagai awal pertumbuhan kolonial oleh imperialis Belanda di Indonesia. Sultan Agung Raja Mataram sudah merasakan ancaman berbahaya dari situasi jatuhnya kota Jayakarta ke Belanda. Untuk itu Sultan Agung mempersiapkan tentaranya untuk mengusir penjajah Balanda. Ketetapan Raja Mataram dieksekusi berturut-turut pada tahun 1628 dan pada tahun 1629 yang berakhir dengan kekalahan di pihak Mataram. Kejadian ini membuat Sultan Agung berpikir bahwa VOC Belanda hanya bisa dikalahkan oleh serangan darat dan laut secara bersamaan, sedangkan Mataram tidak memiliki armada laut yang kuat, sehingga kebutuhan bantuan dari pihak ketiga yang juga memusuhi VOC tersebut. Bangsa Portugis

Maria Diah Fibriani
Lokasinya lumayan jauh, kami tempuh dari Pati. Benteng yg asli masih ada meski sudah rapuh bangunannya. Untuk objek wisata dibangun benteng baru dengan banyak spot untuk foto2. Pohon2 banyak ditempeli tulisan2 khas anak muda, seperti  "buanglah mantan pada tempatnya" dll. Ada juga jembatan dermaga biasa utk foto2. Ombaknya sangat besar dan anginnya kencang.

Danang Mardiyono
Recommended banget.... Kanan bukit, kiri laut. Sepanjang jalan bakalan disuguhi panorama yang keren banget soalnya banyak perkebunan Nusantara. Ada kebun karet, kebun kelapa (itulah sebabnya sepanjang jalan banyak yg jual es kelapa), ada kebun singkong, kebun tebu juga (selain es kelapa di sepanjang jalan juga banyak yg jual es tebu).
Parkiran luas, samping laut pas. Mau ke pulau juga boleh, sewa kapal.

Hery Puji
Tempatnya lumayan nyaman dan akses jalannya mudah dijangkau... Pemandangannya bagus dan bentengnya terawat kebersihannya, tempat wisata bagus bagi edukasi sejarah untuk anak-anak sekolah... HTM Rp. 10.000,00 sudah termasuk parkir

Gatut Wijaya
Lokasi ini patut dipromosikan lebih gencar, kelebihan dengan pantai pasir maupun pantai batu panjang dengan view di atas benteng Portugis yang ciamik.
Jalan sudah baik, tapi untuk bus besar tidak bisa dengan mudah, paling mini bus.
Makanan juga tidak perlu khawatir, banyak warung dengan menu lokal.
Tiket murah banget, lihat kebersihan apa ya sebanding ya. Karena bersih banget.
Saat sepi mobil bisa parkir sampai benteng di atas bukit. Tapi mobil pribadi, minibus atau elf jelas mengkhawatirkan.
Pokoknya asyeek banget wisata di sini, berdua, sekeluarga, atau sekampung


Anggoro Nuswantoro
Benteng portugis terletak dalam satu area dengan pantai. Pantainya berpasir hitam. Saat saya berkunjung, pantainya sedikit terlihat kotor. Mungkin ini karena efek pasir hitam dan kebetulan saya sebelumnya berkunjung ke pantai pulau Panjang yg berpasir putih.

Ombaknya tidak begitu besar, khas pantai di pinggir laut Jawa.

Benteng Portugis sendiri terletak di atas bukit. Kita bisa naik jalan kaki lewat tangga atau lewat jalur mobil. Dari atas Benteng Portugis kita bisa melihat pantai serta pulau Mandalika.

Balkis Jusi
Good banyak spot foto keren2 tapi kudu ati2 ya guys pas mau foto diatas bukit serem banget cuy kalo gak ati2 bisa kegelincir aku jg pernah gitu untung alhamdulillah gak papa.. Kalo soal lokasi mah lumayan keren..

raju rizqi
Tempat yang historis sekaligus pemandangannya keren cocok buat photoraphy bertema masa2 kolonial atau yg butuh background klasik dan gk mau jauh2 dari Jepara. Langsung menghadap ke laut. Kekurangannya cuma tempat berteduhnya kurang banyak..

Menarik untuk dikunjungi.. "Benteng Portugis" sebagai wisata sejarah andalan Jepara yg telah dipercantik..area parkir cukup luas sdh ada Hotel meski kecil...cocok jg bagi Mancinger.

Achmad Taufik Hidayat
Amazing... suasananya enak cocok buat refreshing dr kegiatan rutinitas kerja kita, Ombaknya besar, pemandangan dr bukit di benteng portugisnya juga keren bisa liat pulau mandalika, tpi sayangnya warna air lautnya coklat kyk kotor gitu, jd ga bisa buat main air laut. Mohon untuk pemerintah kota jepara mengeksplore lg apa yg bisa dibangun supaya makin banyak wisatawan berdatangan.

dedi sumardi
Benteng Portugis adalah salah satu objekwisata andalan di Jepara adalah Benteng Portugis yang terletak di DesaBanyumanisKecamatanDonorojoatau 45 km di sebelahtimur laut KotaJepara, dan untuk mencapainya tersedia sarana jalan aspal berbatu dan hanya dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan tidak ada rute transportasi umum ke situs sejarah ini.

Baca juga wisata jepara bukit bejagan tempur
Baca Juga Jepara Ocean Park

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar