Skip to main content

Pesona Pulau Mandalika Jepara Wisata yang Harus kamu Tahu

Pulau Mandalika Jepara

Jepara kembali memiliki wisata alam yang mengagumkan untuk mengunjungi pulau mandalika atau masyarakat setempat menyebutnya Pulau Mondoliko, merupakan pulau kecil yang terletak di jawa tengah yang tepatnya berada di jepara, pulau ini berjarak 2 kilometer dengan tepi pantai desa. dan masih bisa dilihat dengan mata telanjang tanpa bantuan lensa mata, bila dilihat dari desa terdekat maka akan terlihat seperti gundukan pulau-pulau kecil di tengah lautan namun saat sudah masuk Anda akan merasakan kenyamanan. yang jauh ke dalam hati jantung karena sifat alami dan alami.

Baca Juga 32 Wisata dijepara yang wajib dikunjungi


Pulau mandalika ini di jepara adalah salah satu dari sekian banyak pulau yang masih alami dan memiliki udara segar tanpa polusi udara tercemar, dengan pasir putih yang menjadi ciri pantai dan perairan biru bila dilihat dari kejauhan, dan ada juga bangunan mercusuar yang akan sebuah pertanda untuk setiap kapal yang melewati daerah membuat pemandangan lebih seru dan menyenangkan.
Atraksi alam pulau ini bisa menjadi rujukan bagi pengunjung yang akan mencari wisata alam setelah mereka berwisata di Benteng Portugis, karena jaraknya tidak terlalu jauh sampai pulau ini bisa dilihat dengan sangat jelas dari tempat wisata Benteng Portugis dengan mata telanjang. tanpa menggunakan bantuan lensa.
Pulau Mandalika Jepara

lokasi pulau mandalika ini berjarak sekitar 2 kilometer dari tepi desa desa akhir watu dan arah utara desa ujung watu desa itu sendiri adalah desa yang paling dekat dengan pulau mandalika dan masuk ke kabupaten jepara jawa tengah, Pulau mandalika adalah kepulauan yang sangat dekat dan bisa dilihat dengan jelas dari objek wisata Benteng Portugis di arah pivet jepara kota, asalkan jarak pulau mandalika dengan bibir pantai benteng portugis hanya 500. meter, sedangkan jalur jepara - karimunjawa - kartini melintasi jalur laut antara pulau mandalika dan benteng portugis.

Di lokasi pulau mandalika ada makam nayaka dari era kerajaan Kalinyamatan yang sayyid utsman, nayaka sendiri adalah julukan seseorang yang memiliki posisi sangat tinggi di sebuah kerajaan atau di jaman sekarang bisa dikatakan. Menteri seoarang, bila dilihat dari namaya dia berasal dari keturunan arab yang tergabung dalam perdagangan merchant ke wilayah indonesia.
Pulau Mandalika Jepara

Akses Pulau Mandalika
Bagi para pengunjung untuk sampai ke tempat pantai mandalika hanya ada satu cara untuk sampai ke pulau ini yaitu dengan menyewa perahu dari kartini kartini garis pantai ke pulau Karimunjawa, kapal tersebut akan melintasi daerah antara pulau mandalika dan portugis. kastil, atau pengunjung bisa menyewa mesin tempel tempel milik warga sekitar benteng portugis untuk menyeberang ke pulau mandalika.

Kuliner di Pulau Mandalika
Di lokasi pulau Mandalika ada pohon nangka yang disebut pohon nangka nangka, nangka ini berbeda dengan nangka pada umumnya, nangka berada di lokasi pulau mandalika ini tumbuh buah di bagian bawah pohon sampai buahnya terlihat dari Tanah, jadi nangka ini disebut pohon nangka nangka, dan nangka pohon nangka merupakan ciri khas pulau mandalika.

Hotel terdekat di pulau mandalika
serta pulau-pulau kepulauan kecil lainnya seperti pulau yang panjang, pulau mandalika tidak ada hotel dan bangunan penginapan, jika pengunjung memiliki keinginan untuk tinggal maka bisa kembali ke daerah fort portugis dan mencari penginapan di sekitar benteng portugis, karena daerahnya ramai

Mandalika merupakan pulau yang masih sangat alami dan bersih. Pasir berwarna putih yang indah, udara yang segar dan bebas dari polusi. Angin sepoi-sepoi di sekitar pulau ini mampu memanjakan wisatawan. Tak heran pesona keindahan Pulau Mandalika mampu membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Pulau ini memiliki mercusuar yang tidak dimiliki oleh kebanyakan pulau. Keberadaan mercusuar bertujuan untuk mempermudah navigasi nelayan yang berada di laut. Suasana yang sangat kontras dengan kota metropolitan merupakan daya tarik bagi wisatawan dari berbagai daerah.

Pengunjung akan melihat tanaman khas Pulau Mandalika yaitu "Nongko Celeng". Buah ini merupakan tanaman yang unik karena buahnya menempel pada akar pohon seakan keluar dari bawah tanah. Selain itu, jika temanku masuk trekking ke hutan Anda akan menemukan Makam seorang wali bernama Sayid Ustman yaitu Menteri Ratu Kalinyamat.

Mitos Pulau Mandalika Jepara
Di wilayah ini juga beredar mitos yang cukup kental. Dikatakan ada gerbang yang disebut "Lawang Siluman" jadi bagi mereka yang memiliki kulit putih seperti orang Portugis akan masuk melalui pintu ini dan tidak bisa kembali.

Pulau yang masuk ke dalam gugusan kepulauan Sunda Agung ini berhadapan langsung dengan objek wisata Benteng Portugis. Karena itu bagi seorang teman yang mengunjungi Benteng Portugis bisa melihat keindahan pulau Mandalika. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari bibir pantai Benteng Portugis.

Lokasi Pulau Mandalika Jepara
Wisata Pulau Mandalika yang terletak di Desa Ujung Watu, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jika dari desa ini sekitar 2 kilometer. Tapi jika Anda berangkat dari Benteng Portugis Anda bisa menyewa kapal nelayan. Waktu tempuh yang dibutuhkan hanya sekitar 5 sampai 10 menit.

Fasilitas dan akomodasi yang disediakan oleh Pulau Mandalika cukup bagus. Bagi wisatawan yang ingin bermalam bisa menemukan dikawasan hotel Benteng Portugis. penginapan ini paling dekat dengan Pulau Mandalika.

Mari jelajahi keindahan Pulau Mandalika dengan mengunjunginya bersama teman dan saudara Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar