Skip to main content

Air Terjun Banyu Anjlok Jepara - Wisata Alam Mempesona Kota Jepara

Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok adalah air terjun yang terletak di Samosari, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Air terjun Banyu Falls sangat indah, karena tidak banyak yang berkunjung karena akses sedikit ekstrem.

Tetesan Air terjun Banyu Anjlok
Untuk mencapai Jatuh Banyu Falls bisa ditempuh dengan berjalan kaki, karena medannya cukup ekstrem, jika menggunakan motor atau mobil harus diparkir di pemukiman warga desa Somosari. Rute untuk mencapai air terjun ini sangat menguji nyali karena sulitnya akses. Banyak orang salah Air Terjun Banyu Turun di Kabupaten Mayong, padahal lokasinya sebenarnya berada di wilayah administrasi Kecamatan Batealit. Hal ini perlu disosialisasikan agar tidak terjadi salah informasi, sehingga tersesat.

Air Terjun Banyu  Anjloks angat indah dan indah namun masalahnya adalah akses jalan untuk mengunjungi desa masih sangat sulit sehingga perlu mendapat perhatian dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk pengelolaannya. Untuk kondisi air terjun itu sendiri cukup indah meski ada puing-puing alami seperti ranting dan daun kering yang jatuh sehingga kebutuhan pengelolaan lebih lanjut sehingga keindahan daerah bisa lebih baik lagi.
Alam Air Terjun Banyu Anjlok

Banyu Anjlok (grojogan) adalah salah satu tempat favorit bagi anak-anak remaja di malthi, selogiri dan desa-desa sekitar. Tempat ini sebenarnya jika dilihat agak mirip dengan Obyek Wisata Tawang Mangu. Tapi ada beberapa hal yang membedakan bahwa tempat ini tidak setiap saat menghabiskan air bahkan tempat ini bisa menjadi kering dan panas. Jika melihat tempat dan suasana alam Banyu Anjlok berpotensi menjadi salah satu daya tarik yang banyak dikunjungi wisatawan, meski pengunjung kebanyakan berasal dari desa sendiri atau wisatawan lokal, namun obyek wisata ini sangat indah dan menarik, terutama di musim penghujan.

Selain tempat yang indah daerah ini juga ditempati beragam flora dan fauna yang masih alami. Di tempat ini juga ada 9 air terjun yang lokasinya berdekatan, yaitu Grojogan Kedung Dandang, Kedung Bunder, Kedung Turuk, Gandil Ravine, Kali Telu, Watu Kandang, dan Randu Alas.
air terjun jepara

Demografi Banyu Anjlok Waterfall
Untuk menuju ke air terjun ini, Anda harus mendaki bukit ke Banyu Anjlok (Banyu berarti air terjun, dan Jatuh berarti air terjun) yang langsung menghadap ke pantai. Anda menyeberangi muara sungai yang ditemukan. Mendaki bukit dengan pemandangan laut lepas di sisi kiri dan pepohonan hijau di sisi kanan. Ternyata Lenggoksono merupakan daerah penghasil cengkeh terbesar di Jawa Timur.

Maps dan Koordinat GPS:
https://goo.gl/maps/9NvBgQ5mSUp

Akses ke air terjun ini bisa melalui desa Pancur. Dari persimpangan lampu lalu lintas Mayong menuju ke utara. Sampai persimpangan dekat Puskesmas Mayong di Pancur langsung menuju persimpangan. Dari perempatan ini Anda memilih belokan yang tepat, langsung ikuti jalan besar yang ada
Selain itu, panen yang memotong cengkeh adalah pisang dan kopi tapi hanya sedikit saja. Semua perasaan lelah akan hilang oleh pemandangan mahakarya Tuhan yang luar biasa saat air terjun ke pantai berada tepat di depan saya. Ini adalah pertama kalinya saya menyaksikan air tawar menyatu dengan tempat penampungan terakhir dari samudera luas. Ketinggian air terjun kira-kira 3 meter dengan bebatuan di sisinya yang mudah didaki.
Banyu Anjlok Jepara

Akses ke air terjun ini bisa melalui desa Pancur. Dari persimpangan lampu lalu lintas Mayong menuju ke utara. Sampai persimpangan dekat Puskesmas Mayong di Pancur langsung menuju persimpangan. Dari perempatan ini Anda memilih belokan yang tepat, langsung ikuti jalan besar yang ada
Selain itu, panen yang memotong cengkeh adalah pisang dan kopi tapi hanya sedikit saja. Semua perasaan lelah akan hilang oleh pemandangan mahakarya Tuhan yang luar biasa saat air terjun ke pantai berada tepat di depan saya. Ini adalah pertama kalinya saya menyaksikan air tawar menyatu dengan tempat penampungan terakhir dari samudera luas. Ketinggian air terjun kira-kira 3 meter dengan bebatuan di sisinya yang mudah didaki.


     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-6113723617938894"
     data-ad-slot="3098678586"
     data-ad-format="auto">


Jika tempat ini lebih diperhatikan oleh pemerintah daerah bukan tidak mungkin menjadi tempat yang paling diminati di Jepara. Karena keindahan air terjun, selain air terjun ini terletak di daerah yang sangat luar biasa saat Anda melihat air terjun. Cocok bagi anda yang datang bersama teman untuk berfoto ria, mengabadikan kebahagiaan dengan keindahan alam.
grojogan air terjun banyu anjlok

Tak bosan bagi saya untuk berdiskusi tentang keindahan alam kota Jepara. Jepara adalah sebuah kota di ujung utara pulau jawa yang sangat menggoda keindahan alamnya untuk didiskusikan. Banyak hal yang sangat menarik untuk didiskusikan di kota kecil ini. Mulai dari potensi wisata, budaya bahkan seni dan kerajinan sudah banyak diketahui oleh masyarakat sekitar Jepara bahkan mancanegara. Tapi kali ini saya akan membahas tentang keindahan wisata di Jepara.

Tur di Jepara cukup banyak dan sangat menggoda untuk dikunjungi. mulai dari wisata pantai, pulau, wisata budaya, bahkan pegunungan hingga wisata air terjun. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang keindahan air terjun cantik di Jepara, air terjun Banyu Anjlok.

Kata Banyu Drop sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti air terjun bebas. Air terjun Banyu Anjlok ini berada di desa Sumosari Batealit Jepara. tepatnya di daerah kedengung kedengung. Air terjun Banyu yang terjatuh masih sangat indah, karena jarang yang mengunjungi air terjun ini. Karena aksesnya ekstrem dan jauh dari desa.

Untuk mencapai air terjun banyu anjlok, bisa ditempuh dengan berjalan melalui sawah dan menyusuri sungai. Jika menggunakan sepeda motor atau mobil, harus ditinggalkan di pemukiman warga desa Sumosari. Dari lokasi kargo kendaraan, dibutuhkan waktu 40 menit untuk mencapai air terjun dengan berjalan kaki. Pengunjung tidak akan merasa bosan berjalan kaki, karena disuguhi pemandangan sawah dan pegunungan yang masih asri dan tenang.

Banyak orang menganggap Air Terjun Banyu sampai Jatuh termasuk daerah Mayong. Tapi sebenarnya Banyu Air Terjun Anjlok secara administratif berada di Desa Sumosari Batealit Jepara. Hal ini perlu disosialisasikan agar tidak salah informasi.

Selain air terjun banyu yang terjerembab, Kabupaten Batealit juga terdapat banyak air terjun, termasuk Air Terjun Sumenep, Air Terjun Harimau Mati, Air Terjun Statah, Air Terjun ndayog, air terjun Seberuk, air terjun nongko pace, grogog wergul dan grenjengan bawu bantenan. Cukup menarik untuk membahas tentang potensi wisata, suatu hari kita akan membahas satu per satu air terjun Jepara, JAWA UDARA JAWA ANJLOK, JAWA TENGAH.

Air terjun Banyu dijatuhkan di dusun sewengen desa somosari kabupaten batealit jepara kabupaten
Jika kita bicara jepara adalah surga alami alam yang alami dari pegunungan dan air terjun ada disini.
Salah satunya air terjun banyu anjlok yang selama ini populer di dunia maya. Air terjun yang masih satu jalur dengan air terjun Dong Paso sangat ramai dikunjungi warga sekitar Jepara. silahkan saja klik air terjun dong paso anda akan diarahkan ke artikelnya. Untuk sampai kesini sangat mudah dari air terjun parkir dong paso naik lagi menggunakan motor sekitar 20 menit yang berjarak 2 km dengan jalan yang cukup buruk rusak dari tempat parkir air terjun dong paso yang didominasi batuan dan kerikil sehingga diharapkan bisa dengan hati-hati melewati ini. jalan. Bila sampai di tengah perjalanan Anda akan diberhentikan pemuda setempat dan dikenakan biaya sebesar 3000 rupiah termasuk biaya parkir. Tapi untuk parkir akan diarahkan ke rumah ayah daerah Rt yang lokasinya masih naik lagi sampai akhir jalan. Jangan khawatir karena sudah ada seorang pemuda yang menunggu untuk menunjukkan lokasi parkir.
Dari tempat parkir Anda masih harus berjalan sekitar 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 1 km dengan jalan menanjak dan menurun namun tidak terlalu sulit dilalui, sudah ada panduan jalan sehingga Anda tidak akan tersesat.
Rute air terjun banyu jatuh
Sepanjang jalan Anda akan dimanjakan pemandangannya sangat indah, deretan gunung berjejer dengan indah dan sejuk ditambah dengan suara khas serangga hutan semakin menambah kegembiraan liburan Anda.


     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-6113723617938894"
     data-ad-slot="3098678586"
     data-ad-format="auto">


Di sini Anda tidak khawatir lapar atau haus karena di tengah perjalanan Anda akan menemukan beberapa penduduk setempat yang mendirikan toko sederhana, terakhir saya disana ada 2 kios yang berjual beli. Diwarung menyediakan minuman botol, minuman teh panas dan untuk makanan seperti bakwan goreng, kentang goreng, tahu isi, dan juga memberikan lontong pecel dengn harga sangat murah.

Baca Juga >>  32 Tempat Wisata di Jepara Terbaik untuk Liburan
Wisata Air Terjun Grenjengan Dowo Indahnya Alam Jepara
Keindahan Wisata Pantai Teluk Awur Jepara
Pantai Bandengan Jepara - 6 Foto Hal Yang Bisa Kamu Lakukan + Info Lengkap Harga TIket
Misteri & Keindahan Wisata Air Terjun Jurang Nganten di Jepara

Dan inilah tampilan air terjun banyu yang anjlok cukup terkenal di media sosial dengan ketinggian sekitar 30 meter
Salah satu tujuan yang harus Anda kunjungi dengan udara sejuk dan pemandangan yang indah akan membuat Anda betah tinggal lama di sini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar