Skip to main content

Pantai Bandengan Jepara - 6 Foto Hal Yang Bisa Kamu Lakukan + Info Lengkap Harga TIket

Pantai Bandengan Jepara

Pantai Bandengan atau biasa di kenal dengan nama Pantai Tirto Samudra ini memang tak terlalu dikenal layak pantai di Pulau Bali. Walapun seperti itu, keindahannya mampu merebut hati para wisatawan yang berkunjung. Wisata ini lumayan populer di Jawa Tengah. pengunjung banyak dari dalam kota, luar kota, dan juga turis luar negeri.

Pantai ini populer karena pasir putih pantainya, berada pada 7 km dari pusat kota Jepara, Jawa Tengah. Objek wisata pantai Bandengan ini sangat mudah dijangkau, karena letaknya lumayan strategis dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat juga roda 2.

Panorama pantai bandengan di jepara
Saat pertam kali melihat picture diatas, saya kira di Bali, Namun ternyata keindahan Pantai Bandengan di Jepara ini patut dicungi jempul karena tidak kalah dengan indahnya pantai di Bali.

​Detail alamat Pantai Bandengan berada di desa Bandengan, Kecamtan Kota Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 1987 pengelolaan Pantai Bandengan ini diambil alih oleh pemerintah Kabupaten Jepara. Walaupun seperti itu, pengelolaannya tetap berkerjasama dengan masyarakat lokal setempat. Hampir semua pedagang dan petugas parkir merupakan warga lokar sekitar pantai bandengan.

Menurut warga setempat nama panti yang unik ini didapat pada saat Sunan Muria datang ke desa ini dan melihat banyak ikan bandeng bertebaran di pesisir pantai. Sejak saat itu, pantai pasir putih yang indah ini diberi nama Pantai Bandengan.

Sudah dapat diprediksi pada saat liburan sekolah atau hari raya lebaran pantai ini sangat ramai dikunjungi. Puncak keramaiannya saat Lebaran Ketupat, yaitu satu minggu setelah Lebaran Idul Fitri. Wisatawan pantai Bandengan biasanya membludak, bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga turis dari mancanegara. pada saat masa puncak liburan, Kepadatan dapat terjadi dari depan pintu gerbang Pantai Bandengan. Agar dapat mencegah antrian panjang, terkadang petugas datang menghampiri wisatawan untuk mengambil tiket masuk.


Harga tiket masuk ke Pantai Bandengan sangat terjangkau oleh setiap lapisan masyarakat, yaitu antara Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 pada musim liburan dan lebaran ketupat.

Pantai Bandengan memang sangat terkenal dengan hamparan pasir putih yang indah, dan deburan ombak yang bersahabat. Pemandangan yang asri, disana kita bisa bermain Voli Pantai, bersepeda, atau bermain pasir.
Berenang Pantai Bandengan Jepara
Di pantai ini terdapat banyak kerang dan batu karang yang kecil-kecil, yang bisa dibawa seperlunya. Udara sepoi-sepoi yang menyejukkan sejuk dan bebas polusi dapat membuatmu betah berlama-lama di Pantai Bandengan. Air yang jernih membuat anda lebih nyaman untuk berenang disana.

Tidak hanya itu, batu karang yang ada juga menjadi daya tarik tersendiri, warna laut Hijau dan biru adalah dua warna yang menghiasi pantai ini. Sungguh mengagumkan
Sunset Pantai Bandengan
Sunset Matahari Terbenam
Menikmati matahari tenggelam  pada saata senja di pantai Bandengan memang sungguh memanjakan mata. Sangat Indah sehingga banyak wisatawan berkunjung kesini, bahkan banyak yang menginap hanya untuk melihat matahari tenggelam / sunset.

Tidak hanya Pantai Bandengan di Jepara masih mempunyai banyak tempat wisata yang bisa di kunjungi, baca Juga :
32 Tempat Wisata di Jepara Cocok untuk Liburan
Wisata Pantai Tegal Sambi
Pantai Benteng Portugis


Acara Event
Di Pantai Bandengan terkadang diwaktu tertentu juga menyelenggarakan perlombaan motor cross dan festival layang-layang, untuk sekala regional, nasional, ataupun internasional. Jadi, pantai ini tidak hanya nyaman untuk berwisata tetapi juga cocok untuk berolahraga dan event perlombaan. Pada saat festival layang-layang berlangsung, kamu bisa menonton aneka jenis layang – layang dengan berbagai ukuran dan variasi.
Bananboat Pantai Bandengan Jepara

Olahraga Air
Di Pantai Bandengan saat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas olahraga air yang menantang seperti jetski, perahu wisata, banana boat, dan aneka water sport lainnya dengan harga yang sangat terjangkau.

Untuk naik perahu wisata, dengan membayar Rp. 10.000 per orang, dan kita akan megelilingi wilayah Pantai Bandengan. Menikmati laut yang indah dan air yang jernih dengan harga lumayan murah.
Jetski Pantai Bandengan Jepara

Fasilitas di Pantai Bandengan
Bagi pengunjung dari luar kota yang ingin bermalam di pantai ini, jangan khawatir. Banyak penginapan dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu, banyak fasilitas seperti shelter, musala, tempat pemandian umum, tempat aneka jajanan seperti bakso dan mie ayam. Tidak hanya itu rumah makan ala seafood yang menjual kepiting bakar, ataupun rajungan, dan juga aneka minuman yang ada di setiap sudut Pantai Bandengan.

Bagaimana Menuju Lokasi?
Untuk mencapai tempat ini dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari kota Jepara. Secara umum jalannya beraspal hotmix dan halus.

Namun setelah melewati kota Bangsri, jalannya menyempit dan hanya cukup untuk dua mobil, berkelok – kelok dan turun naik. Kita dituntut untuk waspada dan hati – hati ketika melintasi jalur ini.

Lokasinya terletak sekitar 45 Km sebelah utara kota Jepara. Tepatnya di desa Banyumanis, Kecamatan Keling, kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.


Gimana pendapat kamu tentang Pantai Bandengan ini? Menarik bukan? So, buat kamu yang ingin liburan, keindahan Pantai Bandengan di Jepara ini bisa menjadi salah satu destinasi tujuan wisata yang menarik

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar