Skip to main content

Misteri & Keindahan Wisata Air Terjun Jurang Nganten di Jepara

Air Terjun Jurang Nganten Pakis Aji

Wisata di Jepara memang tidak ada habisnya baik wisata pantai dan wisata air terjun, salah satu curug tersebut adalah Air Terjun Jurang Nganten, Wisata ini merupakan air yang mengucur pada dinding bukit tegak pada ketinggian sekitar 30 M, lokasi air terjun ini cocok bagi anda yang ingin merasakan suasana damai dari hiruk pikuk kota karena kondisi ditempat ini lumayan sepi dan tenang cocoak juga untuk meditasi.

Misteri & Keindahan air terjun Jurang nganten.
Jepara mempunyai kekayaan dan keindahan alam yg sangat yg sangat banyak sekali, sayang tempat2 yg indah tersebut kurang mendapat perhatian dari pemerintah , membuat akses menuju kesana masih sangat sulit hanya bisa dilalui menggunakan sepeda motor , rutenya bisa melewati desa plajan ngetan terus kedesa tanjung , setelah di desa tanjung bisa tanya2 kewarga sekitar karena belum ada petunjuk arahnya . Salah satunya air terjun jurang nganten ini . Air terjun jurang nganten berada di lereng muria tepatnya berada di desa tanjung kecamatan pakis aji jepara. Sekitar 25 km dari kota jepara. Air terjun setinggi 50 meter tersebut berupa terjunan air yang mengucur pada dinding bukit yang tegak Lokasi air terjun ini cukup sepi dan tenang karena masih jarang di kunjungi oleh orang. Suasananya yg masih asri, sejuk ,tenang dan indah menjadikan tempat yg tepat buat refresing melepas penat dari rutinitas aktifitas kita.


Air terjun jurang nganten ini mempunyai legenda di masyarakat sekitar . Di ceritakan pd dahulu kala ada sepasang pengantin yg tidak direstui oleh orangtuanya , akhirnya sepasang pengantin tersebut kawin lari mengendarai kereta yg di tarik dg kerbau (jaman dulu blum ada mobil gan) . Mereka menyusuri sungai di malam yg gelap (jaman dulu belum ada listrik gan ) . Karena gelap akhirnya mereka terperosok kedalam jurang, kemudian di namakan jurang nganten . Mitos yang beredar di masyarakat, sang pengantin wanita yang terjatuh ke juarang itu konon menjelma atau berubah menjadi Klanceng Putih. Maka jika setiap ada penampakan klanceng putih di sekitar area Jurang Nganten itulah sang pengantin tersebut. Sementara kerbau penarik kereta yg jatuh konon menjelma menjadi batu besar yg sekarang ada di jurang nganten.

Mitosnya jika ada pengantin yg berkunjung kesana dilarang terjun dari atas air terjun jurang nganten .

Merekapun pergi menyusuri sungai hingga pada akhirnya mereka terjerumus ke jurang. Dan jurang tersebut adalah air terjun yang dimaksud.  Itulah asal muasal kenapa air terjun ini disebut dengan Air Terjun Jurang Nganten, dimana jurang artinya tebing yang terjal dan nganten adalah pengantin.  Dengan demikian Jurang Nganten maksudnya adalah jurang tempat dimana pengantin terjatuh.

Sejarah/Legenda Air Terjun Nganten
Pada zaman walisongo dahulu kala ada sepasang pengantin yang tidak direstui oleh orang tua dari pihak wanita perempuan. Namun mereka tetap memaksakan dengan melakukan sebuah pernikahan, lalu sepasang pengantin baru ini pergi dengan berkendara kereta, namun kereta ini tidak ditarik oleh kuda melainkan oleh kerbau.

Lokasi Air Terjun Jurang Nganten
Berada di Dukuh Turung, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah.

Peta dan Koordinat GPS: 
https://goo.gl/maps/dWKK1ovMR932

Akses Ke Lokasi
Berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Jepara ke arah timur laut dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Dari pusat kota Jepara arahkan kendaraan menuju kecamatan Pakis Aji lalu Pasar Lebak.  Sesampainya di pertigaan Pasar Lebak berbelok ke selatan hingga tiba di perempatan yang ada haltenya.  Di halte ini belok kiri lalu terus ikuti jalan hingga tiba di desa Tanjung.  Dari desa Tanjung ini naik lagi (ke arah timur) sampai ujung desa (tidak ada rumah penduduk lagi) dengan jalan tidak berasal.  Ikuti jalan ini hingga tiba di pertigaan jalan kecil dan ada tanda menuju lokasi air terjun Jurang Nganten berada.

Dari parkiran dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan sungai yang berada di atas air terjun.  Bagi yang ingin mendekati dasar air terjun harus menuruni jalan setapak yang cukup curam dan licin  dengan dinding tebing sebelah kanan dan jurang sebelah kiri yang hanya dibatasi dengan pegangan bambu seadanya.  Jarak tempuh dari area parkiran hingga dasar air terjun sejauh kira-kira 500 m.

Harga Tiket Masuk dan Parkir Air Terjun Jurang Nganten
Tiket masuk adalah Rp 5000 per orang.

Fasilitas Yang Tersedia
Dikarenakan belum dikelola oleh pemda setempat dan letaknya sulit dijangkau oleh pengunjung belum tersedia fasilitas seperti warung penjual makanan dan minuman belum ada.  Bahkan kamar mandi atau wc juga tidak ada.

Baca Juga Tempat berlibur Di Jepara lainnya
Wisata Sejarah Benteng Portugis
Wisata Pulau Karimunjawa
Wisata Kuliner Pantai Pungkruk
Wisata Pasir Putih Pantai Bandengan
Wisata Fauna Pantai Kartini Jepara

Foto pemandangan dari Air terjun Jurang Nganten


Air Terjun Jurang Nganten Fotografi


Indahnya Air Terjun Jurang Manten

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar