Skip to main content

Wisata Goa Tritip Jepara Sejarah Pertapa Mbah Joyo Kusumo


Mengenal Wisata Goa Tritip

Goa Tritip Jepara

Jepara memang kota penuh akan wisata budaya, alam dan sejarah dan salah satu tempat wisata alam sekaligus bersejarah adalah GOA Tritip yang berada di Kec Donorojo Jepara. Konon dikisahkan pada zaman dahulu kala Mbah Joyo Kusumo pernah melakukan ritual pertapaan di GOA Tritip tersebut, hingga pada akhirnya masyarakat menganggap goa tritip sebagai petilasan atau tempat yang pernah disinggahi mbah Joyo Kusumo dan juga warga disekitar tempat tersebut mempunyai tradisi dengan menempatkan beberapa Sesajen seperti Bubur Merah Putih dan Kelapa Muda, Hal yang menarik di gua tritip adalah adanya kapal kecil atau perahu kayu yang menurut kepercayaan turun temurun kapal tersebut adalah bekas tempat bertapa Mbah Joyo Kusumo. Pengunjung yang mengunjungi ke tempat itu terkadang datang dengan tujuan supaya keinginan atau hajatnya terkabul melalui perantara Mbah Joyo Kusumo kepada Tuhan YME sang pencipta Semesta.

Sangat disayangkan karena keadaan perahu kayu bekas pertapaan Joyo Kusumo di Gua Tritip kini hanya tinggal sebagian saja yang tersisa, begitu banyak wisatwan yang mengambil kayu-kayu di perahu tersebut untuk tujuan kayu bakar api unggun dan tujuan yang lain, padahal dengan adanya perahu tersebut dapat menjadi daya tarik khas tersendiri untuk tempat wisata, semoga pemerintah dan warga sekitar mau mengelola lebih serius tempat itu, agar selalu terjaga kelestarian dan kebersihan dari wisata gua tritip di Jepara.

Akses Lokasi Gua Tritip


Untuk menuju ke Lokasi Goa Tritip bukanlah hal sulit karena lokasi yang lumayan stratagis dan berdekatan dengan peninggalan sejarah BentengPortugis, Terdapat akses jalan aspal yang bagus dan banyak penunjuk jalan, untuk wisatawan luar kota yang ingin berkunjung ke sini tidak perlu khawatir karena ada banyak angkutan umum yang siap mengantar anda. jika anda menggunakan transportasi umum seperti bus dari arah Jepara anda bisa berhenti di Sambung Oyot/Donorojo setelah itu anda bisa memesan Ojek untuk pergi ke desa Ujungwatu Goa Tritip, tapi bagaimanapun juga akan lebih seru dan menyenangkan dengan menggunakan mobil ataupun motor pribadi dan untuk sampai ke tujuan anda hanya perlu memasang petunjuk di google maps untuk diarahkan

Pesona dan Suasana Lingkungan Goa Tritip


Suasana pada goa tritip masih sangat alami dan fresh, mungkin sebagian dari kamu mungkin berpikir kalo goa tritip merupakan tempat yang menyeramkan, padahal jika melihat sendiri dan berkunjung ke sini tidak ada kesan menyeramkan sama sekali, tempat ini mulai dari tahun 2017 sudah mulai diperhatikan oleh warga dan pemerintah sebagai Aset Wisata Jepara beberapa taman dan tempat parkir dan toilet juga sudah disediakan oleh pengurus, jika anda melihat ke dalam goa tritip kamu akan mendengar suara air yang mengalir dalam goa dan hal tersebut membuat kesan tersendiri bagi para pengunjung, karena setiap air yang menetes dalam goa seperti membuat kesan damai dan tenang dan memiliki kenikmatan sendiri ditambah lagi pesona alam yang membuat nyaman dan menikmati keindahalan alam ciptaan Tuhan dan bertafakur kepada tuhan. 

Tips dan Saran Travelling ke Goa Tritip


Bagi anda yang ingin berpetualang ataupun berekreassi ke goa tritip saya sarankan untuk membawa bekal makanan Snack dan Softdrink karena disini masih belum banyak tersedia warung-warung atau penjual makanan, jangan lupa persiapkan kamera dan ponsel anda untuk mengabadikan setiap moment yang ada bersama teman keluarga kamu.

Dokumentasi Photo Goa Tritip



Berikut merupakan photo" dokumentasi yang berhasil di abadikan dari para wisatawan yang berkunjung ke gua tritip, sangat indah dan menarik bukan karena dengan berkunjung ke sini anda bisa merasakan dua wisata sekaligus (Sejarah dan Alam) tunggu apalagi ayo berwisata ke Jepara dan nikmati suasana dan karamahan kota Jepara :)
 
Dinding Goa Tritip
Dinding Goa Tritip
Tetesan Air Goa Tritip
Tetesan Air Goa Tritip
Senja Di Goa Tritip
Senja Di Goa Tritip
Gardu Pandang Goa Tritip
Gardu Pandang Goa Tritip
Sekian Informasi mengenai wisata goa tritip dari Jepara semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda, nikmati juga wisata dijepara lainnya berikut ini. :


Ulasan Review Goa Tritip Jepara Oleh Local Guide


Sesekali jalan-jalan ke Jepara Utara Yuk. Disini tempatnya asik lho, bisa melihat pantai Benteng Portugis dan Pulau Mandalika. Kamu udah pernah kesini belum?
Mesti kamu tau,cara paling baik untuk merasa bahagia seutuhnya adalah dengan menerima setiap kekurangan, mensyukuri setiap kelebihan
#jepara #jeparasquad #kelilingjepara #jeparaid #goatritip
Mb Lilik bilang "sini tak fotoke, dr sini loh mb". Ak senyum, kaki angkat dikit dan cekrek. Makasih hasil mlipirny
Alternatif lihat pantai...Daripada di pantai penuh sesak...1-1-18 .di goa tritip .

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar